Selasa, 03 April 2012

ANALISIS KELOMPOK KECIL "KOLAM SUSU SRIWIJAYA"

KOLAM SUSU SRIWIJAYA

Sebuah komunitas pecinta band Koes Plus yang lahir di kota palembang. Komunitas ini lahir pada tanggal 14 februari 2005, yang dilatar belakangi oleh sebuah program acara di salah satu stasiun radio yang ada di kota Palembang. yang mana program tersebut hadir di setiap hari minggu pagi selama 2 jam penyiaran. terbentuknya komunitas ini berlandaskan atas kesamaan hobi atau kecintaan akan lagu-lagu dari band Koes Plus. atau karena adanya keterikatan yang sama dalam hal pemikiran, seperti hal yang di katakan oleh Ferdinand Tonnies, terbentuknya sebuah kelompok dilihat dari gameinschaft of mind yakni berdasarkan kesamaan dalam hal pemikiran.



Komunitas ini diberi nama "kolam Susu Sriwijaya", sebagai eksistensi sebagai sebuah komunitas yang berlandaskan akan kecintaan terhadap aliran band Koes Plus, yakni diambil dari salah satu lagu Koes Plus yang berjudul "Kolam Susu" yang memiliki makna begitu mendalam yang menggambarkan alam Indonesia yang subur makmur. Serta nama Sriwijaya sendiri diambil dari tempat asala terbentuknya komunitas ini yakni di Bumi Sriwijaya tepatnya di kota Palembang.

Dalam hal pengutan tekad untuk memajukan komunitas yang telah terbentuk, KSS melakukan perekrutan anggota. yang tentunya tetap menggunakan taktik melalui program acara yang ada di Stasiun Radio yang mana mereka juga mengatakan bahwa stasiun radio itu juga dijadikan sebagai base camp/tempat mereka berkumpul. Dan memang para anggota yang di rekrut diharapkan adalah orang-orang yang memiliki kecintaan akan lagu-lagu dari Koes Plus. Anggota-anggota yang masuk ke dalam komunitas ini berasal dari berbagai daerah dan kalangan, baik dari kota Palembang ataupun dari luar kota, seperti Prabumulih, Pagar Alam dan berbagai daerah lainnya. dan anggota yang masuk kedalam komunitas ini berasal dari Pengajar, Pengusaha, Mahasiswa dan lainnya dari berbagai tingkatan umur, merskipun kebanyakan dari mereka yang sudah berumur. yang pastinya kebanyakan dari mereka mengetahui segala hal tentang band legendaris tersebut.

Berbagai program yang di buat KSS untuk menunjukkan keseriusan untuk memajukan komunitas mereka, dan beberapa program sudah berjalan meskipun masih banyak sekali yang masih menjadi angan-angan. selanjutnya, dikarenakan berbagai faktor dan kesibukan dari para anggota, dalam beberapa tahun terakhir KSS dinyatakan tidur. Namun karena masih adanya semangat untuk menguatkan eksistensi, dalam beberapa bulan terakhir KSS mencoba untuk bangun dengan mengumpulkan anggota-anggota yang masih berkomitmen untuk memajukan KSS. serta melakukan perekrutan anggota kembali.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar